Keluarga Navigator

Oleh kemurahan dan anugerah Tuhan Yesus, dalam perjalanannya Navigator telah menciptakan sebuah keluarga: Keluarga Navigator. Keluarga yang diikat dan dijagai oleh nilai kerajaan Allah, khususnya kasih karunia dan kasih Yesus Kristus. Keluarga yang terbentuk karena sejarah perjalanan rohani bersama dalam pemuridanNya, baik yang awalnya di konteks kampus maupun kemudian di berbagai  konteks lainnya.

Dalam perkembangannya, ikatan kekeluargaan ini meluas kepada hubungan-hubungan alamiah juga dimana anggota keluarga jasmani kita ikut menikmati indahnya suasana kekeluargaan Navigator. Lebih jauh lagi, karena nilai Kerajaan Allah yang mendasarinya maka keluargaan Navigator juga dinikmati oleh berbagai jaringan alamiah dari Para Navigator; termasuk mereka yang terhilang di sekitar kehidupan Para Navigator (orang Navigator).

Perluasan pengertian Keluarga Navigator ini memiliki implikasi secara ke-organisasi-an juga. Mereka yang menikmati dan merasa bagian dari Keluarga Navigator, secara panggilan pelayanan tidak berarti sejalan. Ada banyak dari alumni pelayanan kampus Navigator misalnya, saat ini merupakan aktifis (pengurus, karyawan, staf full timer, dll nya) lembaga pelayanan lain yang nota bene memiliki panggilan atau visi misi yang berbeda dengan Para Navigator. Mereka tetap terhubung dengan baik dan bekerja sama dengan Para Navigator dalam operasinya baik secara formal maupun informal. Ini terjadi karena nilai kekeluargaan ini; nilai-nilai Kerajaan Allah yang dipraktekkan di dalam Keluarga Navigator.

Tetapi harus diakui bahwa menjadi bagian dari Keluarga Navigator bukan berarti menjalankan dan ‘commit’ terhadap panggilan Navigator atau selaras dengan Panggilan Para Navigator.

Sebagai organisasi dengan panggilan yang unik, maka tim kepemimpinan dan staf Para Navigator perlu menerapkan hikmat organisasi di dalam mengelola Keluarga Navigator ini. Perlu hikmat bagaimana memanfaatkan hal yang baik ini untuk lebih setia lagi memenuhi Panggilannya. Perlu hikmat di dalam membangun sinergi dan keselarasan atas mereka yang mau menyerahkan diri kepada Panggilan Navigator. Kiranya semakin banyak pekerja dibangkitkan dan dilipatgandakan untuk Indonesia tercinta dan untuk bangsa-bangsa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *